This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Gambar Model WiredLAN dan WirelessLAN serta type Jaringan Ad-Hoc mode & Infrastructure mode


WIRED LAN


Wire LAN adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai  media penghantar. Jadi, data dialirkan melalui kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik. Biasanya bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkanuntuk MAN atau WAN menggunakan gabungan kabel tembaga dan serat optik.

    
                                                          WIRED LAN

Wireless LAN
Wireless network adalah jaringan komputer yang menggunakan media penghantar berupa gelombang radio atau cahaya (infrared atau laser). saat ini sudah semakin banyak tempat umum seperti restoran, sekolah, universitas, bandara, pusat perbelanjaan, dan lokasi lain yang menyediakan wireless network. Sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan akses Internet menggunakan handphone, laptop, PDA, dan perangkat mobile lainnya. Frekuensi yang di gunakan wireless network biasanya 2.4 GHz dan 5.8 GHz, sedangkan penggunaan infrared dan laser umumnya hanya terbatas untuk jenis jaringan yang hanya melibatkan dua buah titik saja atau PAN seperti komputer dengan handphone.


 

Mode Ad-Hoc 

Ad-Hoc merupakan mode jaringan WLAN yang sangat sederhana, karena pada ad-hoc ini tidak memerlukan access point  untuk  host dapat saling berinteraksi. Setiap host cukup memiliki  transmitter dan reciever wireless untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain seperti tampak pada gambar 1. Kekurangan dari mode ini adalah komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel.  Selain itu, daerah jangkauan pada mode ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut.

Mode Infrastruktur

Jika komputer pada jaringan wireless ingin mengakses jaringan kabel atau berbagi printer misalnya, maka jaringan wireless tersebut harus menggunakan mode infrastruktur (gambar 2). Pada mode infrastruktur access point berfungsi untuk melayani komunikasi utama pada jaringan wireless. Access point mentransmisikan data pada PC dengan jangkauan tertentu pada suatu daerah. Penambahan dan pengaturan letak access point dapat memperluas jangkauan dari WLAN.



 

0 komentar:

Posting Komentar