This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

ANDROID


Semua orang tau, sekarang lagi booming yang namanya sistem operasi yang namnya android. Apa semua orang tau, apa itu android, bagaimana sejarahnya, dan apakah orang awam bisa membuat suatu aplikasi dengan menggunakan OS ini?

Ini sedikit dari yang paling sedikit tentang android.


Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc. yang merupakan pendatang baru yang membuat perantu lunak untuk ponsel/smartphone. Kemudian untuk mengembangkan android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Di Dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau  Google Mail Service (GSM) dan yang kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone, saat ini Android menjadi pesaing utama dari Apple pada sistem operasi Tablet PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain factor yang disebutkan diatas adalah karena android itu sendiri adalah platfrom yang sangat lengkap baik itu sistem operasinya, Aplikasi dan Tool Pengembangnya, Market aplikasi android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas Open Source di dunia. Sehingga android terus berkembang pesat baik dari segi teknologi maupun dari segi jumlah device yang ada di duni.

 
Android : Platfrom Masa Depan

Android dipuji sebagai “platfrom mobile pertama yang Lengkap, Terbuka, dan Bebas” ;
·        Lengkap (Complete Platfrom) : Para desainer dapat melakukan pendekatan yang komprehensif  ketika mereka sedang mengembangkan platfrom Android. Android merupakan sistem operasi yang aman dan banyak menyediakan tools dalam membangun software dan memungkinkan untuk peluang pengembangan aplikasi.
·        Terbuka (Open Source Platfrom) : Platfrom Android disediakan melalui lisensi open source. Pengembangan dapat dengan bebas untuk mengembangkan aplikasi. Android sendiri menggunakan Linux Karnel 2.6
·        Free (Free Platfrom) : Android adalah platfrom/aplikasi yang bebas untuk develope. Tidak ada lisensi atau biaya royalti untuk dikembangkan pada platfrom Android. Tidak ada biaya keanggotaan diperlukan. Tidak diperlukan biaya pengujian. Tidak ada kontrak yang diperlukan. Android dapat didistribusikan dan diperdagangkan dalam bentuk apapun.

Aplikasi Android dapat dikembangkan pada sistem operasi berikut :
·        Windows XP Vista/Seven
·        Mac OS X (Mac OS X 10.4.8 atau lebih baru)
·        Linux

0 komentar:

Posting Komentar