This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

PENULISAN ILMIAH


UNIVERSITAS GUNADARMA
 
PENULISAN ILMIAH

Virus Pada Komputer

Nama : Heni Juwita Dewi
NPM   : 13110234
Jurusan : S1- Sistem Informasi 


Kata Pengantar
Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Penulisan Ilmiah yang berjudul “Virus Komputer” . penulisan ini merupakan salah satu syarat dalam menyelesaikan tugas akhir semester dari mata kuliah Bahasa Indonesia #1 Universitas Gunadarma.
Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dalam pembuatan Proposal Penulisan Ilmuah ini agar mencapai hasil yang baik dan terarah sehingga dapat dipahami serta dimengerti oleh pembaca, dengan bantuan beberapa pihak sehingga pembuatan Penulisan ini dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Bapak SANGSANG SANGABAKTI, SSOS, MPSI selaku Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia
2.      Teman – teman 3KA08 yang telah banyak membantu dan memberi motivasi bagi penulis untuk menyelesaikan proposal ini.
3.      Terimakasih untuk semua pihak yang sengaja atau tidak sengaja membantu.

Penulis juga ingin menyampaikan, bahwa penulisan ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu kritik, saran, dan masukan sangat penulis harapkan untk untuk perbaikkan pada penulisan selanjutnya.
Pada akhir penulis berharap semoga penulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
           
                                                                                                            Depok, 1 Januari 2013

                                                                                                                        Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .......................................................................................... 1
DAFTAR ISI ......................................................................................................... 2

1.      PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah ....................................................................... 3
1.2.Identifikasi Masalah ............................................................................. 4
1.3.Rumusan Masalah dalam Bentuk Pertanyaan .....................................  4
1.4.Tujuan PI .............................................................................................. 4
1.5.Manfaat Penelitian ................................................................................ 4

2.      LANDASAN TEORI & HIPOTESIS TEORI
2.1.Pengertian Judul .................................................................................... 5
2.2.Jenis – jenis judul .................................................................................. 5
2.3.Bahaya Judul ......................................................................................... 5
2.4.Pengaruh Judul ...................................................................................... 7

3.      PENUTUP
3.1.Kesimpulan ............................................................................................ 8
3.2.Saran ...................................................................................................... 8

DAFTAR PUSTAKA ................................................................................. 9





 


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Virus yang pertama kali muncul di dunia bernama Elk Cloner, kira – kira tahun 1982 di TEXAS A & M. Menyebar melalui disket Apple II yang ada operating systemnya. Sang perusak ini mendisplay esan di layar. “It will get on all your disk-It will infiltrare ypur chips-yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!”
Nama “Virus” itu sendiri baru dibeberkan setelah 2 tahun kelahirannya oleh Len Adleman pada 3 Noember 1983 dalam sebuah seminar yang membahas cara membuat virus dan memproteksi diri dari virus. Tapi orang – orang sering menganggap bahwa virus yang pertama kali muncul adalah virus Brain yang justru lahir tahun 1986. Wajar, soalnya virus ini yag paling menggempar dan paling meluas penyebarannya karena menjalar melalui disket DOS yang waktu itu lagi nge-trend. Lahirnya juga bersamaan dengan PC- Write Trojan dan Vindent.
Dan sejak saat itu, virus mulai menguasai dunia. Perkembangannya mengerikan dan menakutkan ! berselang satu tahun muncul virus pertama yang menginfeksi file. Biasanya yang diserang adalah file yang berekstensi. Virus ini bernama suriv termasuk dalam golongan virus “jerussalem”. Kecepatan penyebarannya cukup menggetarkan hati untuk saat itu. Tapi virus ini tidak terlalu jahat soalnya virus ini menghantam dan menghajar mainframe-nya IBM tidak lama – lama, hanya setahun.
Tahun 1988, muncul serangan BESAR terhadap Machintosh oleh virus MacMag dan Scores dan jaringan Internet dihajar habis – habisan oleh virus buatan Robert Morristahun 1989 ada orang yang sengaja mengirim file “AIDS information program” dan celakanya, begitu file dibuka yang didapat bukannya info tentang AIDS, tapi virus yang mengenskrypsi harddisk dan meminta bayarannya untuk kode pembukanya.
Sejak saat itu, penyebarannya virus sudah tidak terhitung lahi. Akan tetapi dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Baru tahun 1995 muncul serangan besar – besaran. Tidak tanggung – tanggung, mereka menyerang perusahaan – perusahaan besar diantaranya Griffith Air Force Base, korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan masih banyak PERUSAHAAN RAKSASA lain yang dianiaya oleh “INTERNET LIBERATION FRONT” di hari THANKGIVING”. Karena keberanian dan kedasyatan serangan itu, tahun 1992 dijuluki sebagai tahunnya Hacker dan Cracker.



B.     IDENTIFIKASI MASALAH

Para cracker memang tidak pernah puas. Setiap muncul sistem operasi atau program baru, mereka sudah siap dengan virus barunya. Anda yang sering mengetik dengan MS Word mungkin pernah menemukan virus Titassic. Ini virus local asli Indonesia dan uniknya, virus ini mengingatkan kita buat sholat tepat pada waktunya. Tapi jangan salah, virus macro yang punya judul concept ini juga bisa brhati jahat dan ganas. Soalnya si alim yang jahat ini bakalan ngemusnahin 80% file – file data dan program korbannya.
Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul virus pertama yang mengkombinasi virus macro dan worm. Namanya Melissa. Virus ini bakalan menyebar ke orang lain lewat E-Mail yang ada di address book. Dan saat ini muncul jutaan virus di dalam internet.

C.    Rumusan Masalah dalam Pertanyaan

a.       Apakah virus ?
b.      Apa saja jenis – jenis anti virus ?
c.       Apa bahaya dari virus dalam sistem komputer ?
d.      Apa pengeruh yang disebabkan oleh virus ?

D.    Tujuan Penulisan Ilmiah

·         Untuk menambah wawasan tentang virus dari sejarah, jenis – jenis virus.
·         Agar pengetahuan tentang virus bertambah, supaya komputer tidak mudah terkena virus yang banya di internet.
·         Sebagai tugas Softskill B.indonesia semester lima tahun 2012.

E.     Manfaat Penelitian

Agar pengguna komputer bisa menambah wawasan tentang virus dari pengertian, sejarah, jenis, bahaya, pengaruh, cara mengtasi virus pada komputer yang banyak tersebar. Dengan bertambahnya pengetahuan maka bisa lebih berhati – hati dan bisa mengatasi sendiri virusnya.



BAB  II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TEORI

2.1. Pengertian Virus
      Virus komputer merupakan suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan ke dalam media penyimpanan /dokumen serta ke dalam jaringan secara diam – diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer. Efek virus komputer sangat beragam mulai dari muncul pesan yang aneh dan sering sehingga mengganggu aktifitas menjadi lebih lambat  hingga dapat merusak serta menghapus file atau dokumen di komputer. Virus memang dibuat untuk mengubah, merusak, memanipulasi program- program lainnya.
Pertama kali istilah “virus” digunakan oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat.virus komputer. Dinamakan virus karena memiliki beberapa persamaan mendasar dengan virus pada istilah kedokteran yaitu biological viruses.
2.2.  Jenis – Jenis Virus
1.      Virus Makro
2.      Virus Boot Sector
3.      Stealth Virus
4.      Polymorphic Virus
5.      Virus File/Program
6.      Multi Partition Virus
2.3. Bahaya Virus
      Untuk lebih memperluas pengetahuan kita tentang virus, berikut penjelasan tentang bahaya  virus yang sering ada di antara kita :
1.      Virus Makro
Virus yang satu ini paling sering kita dengar. Ditulis dengan bahasa pemograman dari suatu aplikasi bukan dengan pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, maksudnya jika pada komputer mac dapat menjalannkan aplikasi word maka virus ini bekerja pada komputer bersistem operasi Mac.
Contoh Virus :
-          Variant W97M, misal W97M. Panthr panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka.
-          WM.Twno.A;TW. Panjang 41984 bytes, akan menginfeksi Dokumen Ms.Word yang menggunakan bahasa makro, biasanya berekstensi *.DOT dan *.DOC .  dll.



2.      Virus Boot Sector
Virus ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya akan memindahkan atau mengantukan boot sctor asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan di load kememori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (ex::monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar keseluruh drive yang ada dan terhubung kekomputer (ex : floopy, drive lain selain drive c).

Contoh Virus :
-          Varian virus wyx ex : wyxC(B)
menginfeksi boot record dan floopy ;
panjang :520 bytes ;
karateristik : memory resident dan terenkripsi ).
-          Varian V-sign :
menginfeksi : Master boot record ;
panjang 520 bytes ;
karateristik : menetap di memori (memori resident) , terenkripsi, dan polymorphic
-          Stoned.june 4th / bloody! :
Menginfeksi : Master boot record dan floopy ;
Panjang : 520 bytes;
Karateristik : menetap di memori (memori resident), terenkripsi dan menampilkan pesan “Bloody!june 4th 1989” setelah komputer melakukan booting sebanyak 128 kali.

3.      Stealth Virus
Virus ini akan menguasai tabel interupt pada DOS yng sering kita kenal dengan “Interrupt Interceptor”. Virus ini berkemamouan untuk mengendalikan instruksi – instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.
Contoh Virus :
-          Yankee.XPEH.4928
Menginfeksi file *.COM dan *.EXE;
Panjang 4298 bytes ;
Karateri : menetap di memori, ukuran tersembunyi, memiliki pemicu.
-          WXYC
Menginfeksi floopy an motherboot record;
Panjang 520 bytes ;
Karateristik :Menetap di memori, ukuran dan virus tersembunyi
-          Vmem(s)
Menginfeksi file – file *.EXE , *.SYS, dan *.COM ;
Panjang file 3275 bytes;
Karateristik :menetap di memori, ukuran tersembunyi, di enkripsi. Dll.

4.      Polymorphic Virus
Virus ini dirancang buat mengecoh program antivirus, atinya ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.
Contoh Virus :
-          Necropolis A/B
Menginfeksi file *.EXE dan *.COM;
Panjang file 1963 bytes;
Karateristik : menetap di mmoro, ukuran dan virus tersembunyi, terenkripso dan dapat berubah ubah struktur.
-          Nightfall
Menginfeksi file *.EXE ;
Panjang file 4554 bytes ;
Karateristik : menetap di memori, ukuran dan virus tersembunyi, memiliki pemicu, terenkripsi dan dapat berubah – ubah struktur. Dll .

5.      Virus File/Program
Virus ini menginfeksi file –fie yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file application (*.EXE), maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.

6.      Multi Partition Virus
Virus ini merupakan gabungan dari virus Boot sector dan Virus file , artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file – file *.EXE dan juag menginfeksi Boot Sector.
2.4. Pengaruh Virus
      Perkembangan virus komputer telah menimbulkan dampak yang sangat besar dan meluas. Dengan cepat penyebaran virus pada komputer dari floppydisk dan boot sector kemudian melalui jaringan internet dan mungkin virus akan meluas melalui jaringan wireless dalam bentuk aplikasi atau muatan aplikasi



BAB III
METODE PENELITIAN
3.1  Jenis dan PendekatanPenelitian

Pada penelitian ini, penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dngan metode survey. Metode srvey mrupakan suatu penlitian dengan menggunakan pertanyaan dn pernyataan yang terstruktur atau sistematis kepada banyak orang kemuian dta yang diperoleh , dicatat, diola, dan dianalisis.
Tujuan menggunakan metode ini adalah untuk memperoleh informasi, dri sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi dalam penelitian. Wawancara dipilih untuk mempermudah pengumpulan data para responden.

3.2  Populasi dan Sample

Populasi adalah keseluruhan dari objek yang ingin diteliti,dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh manusia yang berhubungan dengan pemakaian computer / laptop pada kehidupan sehari – harinya.
Sample merupakan bagian dari populasi yang diteliti, dalam penelitian ini peneliti menggunakan kegiatan langsung yang terjadi virus bisa masuk merusak computer.

3.3  Teknik Pengumpulan Data

Terdapat dua jenis data yang dikumpulan dalam penelitian ini, yaitu data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti yaitu masyrakat sekitar mengenai awamnya terhadap virus yang dapat menyerang computer yang tidak diketaui darimana asalnya. Data sekunder merupakan data penunjang penelitian yang diperoleh melalui ajian pustka yang dilakukan untuk mencari referensi dari buku-buku , web information, dan landasan lmiah seperti teori dan definisi –definisi sehingga peneliti mendapatkan pengertian mengenai topic yang diangkat dalam penelitian ini.

3.4  Waktu dan lokasi Penelitian

Penelitian dilakukan dalam kehidupan sehari – hari , yang di mana banyak masyarakat selalu bingung jika computer yang dipakai terserang virus yang dapatmerusak file.



BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1  Gambaran Umum Masyarakat tentang Komputer dan Masyarakat

Virus pada computer umumnya di buat oleh manusia yang disebarkan dari beberapa link yang kita buka. Masuk ke dalam flashdisk atau hardisk yang menyimpan file yang kita buka. Masyarakat umum awam akan yang namanya virus pada computer. Bagaimana bisa virus masuk secara tiba – tiba yang bahkan menghilangkan folder atau file bahkan dapat merusak computer. Masyarakat awam juga masih bingung untuk menjaga keamanan dari virus dan anti virus apa yang baik di gunakan.

4.2  Hasil Analisa

Hasil  analisa yang dilakukan dengan hanya mendengar keluhan dari masyarakat dan beberapa teman yang dapat menggunakan computer tapi masih kesulitan menghadapi computer virus. Bagaimana menghilangkannya, bagaimana antisipasi untuk virus agar tidak masuk lagi ke computer atau data penyimpanan  yang sangat – sangat menggangu untuk penyimpanan dan keamanan computer.


BAB V
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
      Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin atau membagi dirinya sendiri dan menyebar dengan car menyisipkan slainan dirinya ke dlaam program atau file atau dokumen lain. Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak anti virus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mnedeteksi atau menghapus virus kompuetr, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak anti virus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.

3.2 SARAN
Virus pada komputer kini sudah semakin canggih. Lebih waspada akan link yang sedang kita gunakan dan update antivirus dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Jika semua cara pencegahan virus tidak berhasil maka hal terakhir yang mesti dilakukan memformat ulang komputer atau laptop anda. Terimakasih .

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar