Konsumen : seseorang yang membeli produk atau jasa
Perilaku konsumen : proses pembelian suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
Wujud konsumen sbb :
1. Personal consumer : seorang konsumen membeli suatu produk barang dan jasa hanya untuk kepentingan sendiri
2. Prganization Cosumer : seorang konsumen membeli suatu produk barang dan jasa untuk kepentingan organisasi
1. Factor social : grup, family, roles dan status
2. Factor personal : lifestyle, age and life cycle stage, occupation
3. Factor Psycologic : motivasi. Learning belief and attitude
4. Factor Cultural : subculture, social class
5. Keputusan pembeli .
Perilaku konsumen Indonesia :
1. Berpikir pendek
2. Tidak terencana
3. Suka berkumpul
4. Gaptek
5. Berorientasi pada konteks
6. Mencintai buatan luar daripada dalam negri
7. Gengsi (tanpa alasan dan manfaat yang jelas akan barang yang dibeli)
8. Kurang perduli lingkungan.
0 komentar:
Posting Komentar