This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Pemanfaatan Grafik dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari


Komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.

Komputer pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai, perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.

Pada dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
  • Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
  • Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
  • Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
  • Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
  • Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
  • Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
  • Penggunaan komputer dalam bidang industri.

Sekarang kita akan membahas tentang  “Pemanfaatan Grafik dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari”.

Grafik Komputer adalah salah satu cabang dari ilmu komputer yang berkonsentrasi kepada pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital. Grafik komputer berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D. Namun seiring teknologi yang makin maju, 2D pun berubah menjadi 3D. Ilmu grafik komputer ini sangat berguna untuk memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis.
Untuk membuat suatu grafik komputer yang baik, diperlukan keahlian-keahlian khusus, yaitu ilmu geometri (menggambar permukaan bidang), animasi (menghasilkan dan memanipulasi suatu gerak), rendering (algoritma untuk menampilan efek), dan citra (pengambilan atau penyuntingan gambar). Contohnya untuk membuat sebuah karakter tokoh manusia, seorang grafik komputer memerlukan desain manusia secara virtual, bagaimana bentuk badannya, anggota tubuhnya, wajahnya serta hal-hal yang detail, sehingga gambar tersebut mendekati seperti aslinya. Setelah itu menentukan animasi gerak, seperti raut muka dan mimik muka.

Pengolahan Citra merupakan salah satu cabang ilmu dari grafik komputer. Yaitu mengolah dan memanipulasi suatu citra. Pengelolahan citra sangat dibutuhkan sekali dalam grafik komputer, agar mendapat hasil yang baik. Salah satu contoh pada permainan berteknologi terlaris yang diluncurkan oleh Electronic Arts (EA) yaitu THE SIMS 3. The Sim 3 ini merupakan implementasi dari suatu grafik komputer yang berhasil memuaskan para penggila game dan merupakan salah satu pencetak angka penjualan terbesar di Eropa.

Jadi manfaat dari grafik dalam berbagai bidang misalkan perkuliahan dapat membantu menggambar permukaan bidang bagi anak teknik sipil, arsitek; dalam perfilm-an untuk animasi membuat karakter manusia seperti naruto, doraemon, anime manga dll. Dan manfaat dari Pengolahan Citra dalam bidang entertaiment seperti pengeditan gambar baik dalam pewarnaan, pengeditan, dll

0 komentar:

Posting Komentar