Komputer telah berperan di
masyarakat. Hal ini berlaku di negara maju maupun di negara yang sedang
berkembang seperti di Indonesia. Komputer sebenarnya tidak berbeda dengan
produk tekhnologi lainnya seperti kereta api, pesawat terbang, mobil televisi
dan lain sebagainya. Apa yang membedakan komputer dengan produk lainnya adalah
kemampuannya untuk dapat diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas
dengan kecepatan dan ketelitian yang tinggi.
Komputer
pada saat ini banyak digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah berbagai jenis
data seperti pengolahan nilai siswa dengan komputer, pembuatan daftar nilai,
perhitungan rata-rata kelas atau pun laporan-laporan untuk kepentinag evaluasi
pendidikan. Komputer juga sudah banyak digunakan untuk mencetak kuitansi
tagihan listrik, telepon, kartu kredit dan lain sebagainya.
Pada
dasarnya komputer digunakan sebagai alat bantu untuk menyimpan, mengolah dan
mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Bidang pekerjaan yang
juga mulai terpengaruh seperti terlihat dicontoh berikut ini :
- Penyiapan surat-menyurat sampai dengan penyimpanan arsip dikantor.
- Pembuatan film dalam bidang animasi dan efek-efek 3 dimensi
- Pencarian buku berdasarkan judul buku dan nama pengarang di perpustakaan
- Pelayanan administrasi dan mutu pelayanan medis pada rumah sakit.
- Pemesanan tiket peswat terbang pada perusahan penerbangan domestik maupun internasional.
- Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.
- Penggunaan komputer dalam bidang industri.
Sekarang kita
akan membahas tentang “Pemanfaatan
Grafik dan Pengolahan Citra dalam Kehidupan Sehari-hari”.
Grafik Komputer
adalah salah satu cabang dari ilmu komputer yang berkonsentrasi kepada
pengolahan gambar atau manipulasi gambar secara digital. Grafik komputer
berawal dari bentuk yang sederhana yaitu 2D. Namun seiring teknologi yang makin
maju, 2D pun berubah menjadi 3D. Ilmu grafik komputer ini sangat berguna untuk
memvisualisasikan benda-benda yang nyata menjadi benda grafis.
Untuk membuat
suatu grafik komputer yang baik, diperlukan keahlian-keahlian khusus, yaitu ilmu geometri (menggambar permukaan
bidang), animasi (menghasilkan dan
memanipulasi suatu gerak), rendering
(algoritma untuk menampilan efek), dan citra
(pengambilan atau penyuntingan gambar). Contohnya untuk membuat sebuah karakter
tokoh manusia, seorang grafik komputer memerlukan desain manusia secara
virtual, bagaimana bentuk badannya, anggota tubuhnya, wajahnya serta hal-hal
yang detail, sehingga gambar tersebut mendekati seperti aslinya. Setelah itu
menentukan animasi gerak, seperti raut muka dan mimik muka.
Pengolahan Citra
merupakan salah satu cabang ilmu dari grafik komputer. Yaitu mengolah dan
memanipulasi suatu citra. Pengelolahan citra sangat dibutuhkan sekali dalam
grafik komputer, agar mendapat hasil yang baik. Salah satu contoh pada
permainan berteknologi terlaris yang diluncurkan oleh Electronic Arts (EA)
yaitu THE SIMS 3. The Sim 3 ini merupakan implementasi dari suatu grafik komputer
yang berhasil memuaskan para penggila game dan merupakan salah satu pencetak
angka penjualan terbesar di Eropa.
Jadi manfaat
dari grafik dalam berbagai bidang misalkan perkuliahan dapat membantu
menggambar permukaan bidang bagi anak teknik sipil, arsitek; dalam perfilm-an
untuk animasi membuat karakter manusia seperti naruto, doraemon, anime manga
dll. Dan manfaat dari Pengolahan Citra dalam bidang entertaiment seperti
pengeditan gambar baik dalam pewarnaan, pengeditan, dll
0 komentar:
Posting Komentar